Bahasa Indonesia:
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang akan membekali mahasiswa dengan keterampilan STEM, yang meliputi problem-solving, collaboration, communication, creativity, critical thinking, data literacy, dan digital literacy. Perkuliahan ini mengkaji tentang pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), baik STEM yang terintegrasi secara penuh atau sebagian dari komponen-komponennya. Selain itu, mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang pendidikan STEM dalam hal konten dan pedagogi yang sangat bermanfaat terutama untuk mahasiswa yang merupakan calon guru. Mata kuliah STEM ini mengeksplor isu-isu sosial untuk memecahkan permasalahan dalam konteks lokal sebagai Bagian dari upaya dalam menyelesaikan permasalahan global yang tertuang dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (SDGs). Dalam mengeksplor isu-isu sosial, mata kuliah ini akan memberikan pemahaman tentang Problem-Based Learning dan pendekatan Design Thinking dan langsung menerapkannya pada konteks isu yang dipilih. Mahasiswa akan belajar mengumpulkan data, merumuskan masalah, mengajukan solusi, mendisain dan membuat prototype, lalu mempresentasikannya. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Problem-Based Learning dan penilaian yang digunakan adalah penilaian autentik (Authentic Assessment) yang mencakup penilaian tertulis, kinerja, portofolio, dan proyek.
=================
English:
This course is an elective course that will equip students with STEM skills, which include problem-solving, collaboration, communication, creativity, critical thinking, data literacy, and digital literacy. This course examines STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) education, either fully integrated STEM or part of its components. In addition, this course equips students with STEM education in terms of content and pedagogy, which is extremely useful, especially for students who are pre-service teachers. This STEM course explores social issues to solve problems in the local context as part of efforts to solve global problems in the UN Sustainable Development Goals (SDGs). In exploring social issues, this course will provide an understanding of Problem-Based Learning and Design Thinking approaches, and then directly apply them to the context of the selected issue. Students will learn to collect data, formulate problems, propose solutions, design and prototype, and then present them. The learning methods are Problem-Based Learning, direct instruction, and workshop. This course will use authentic assessment, which includes digital portfolio projects, performance, self-and peer assessment.

- Dosen: Ella Fitriani