Available courses

Pada matakuliah ini, mahasiswa akan diberikan pengetahuan mengenai Hardware komputer, Operating System (OS), perangkat lunak mesin pencari Ms. Word untuk penulisan karya ilmiah, Ms, Excel untuk pengolahan dan menyajikan data, dan ChemSketch untuk penulisan struktur kimia. Pokok bahasan yang akan dipelajari pada matakuliah ini meliputi Hardware komputer, Operating System (OS): Windows & Linux, Software Mesin Pencari Ms. Word, Ms. Excel, dan Chemsketch.

Kompetensi mahasiswa yang akan dibangun dalam mata pelajaran ini adalah kemampuan menganalisis teori dan isu-isu kurikulum, menganalis kurikulum kimia, merencanakan silabus, dan menganalisis materi kimia. Isi mata kuliah ini mempelajari tentang curriculum images,teori dan isu kurikulum,  komponen-komponen silabus kimia, dan kajian materi-materi kimia SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Metode pembelajaran yang digunakan berorientasi pada mahasiswa belajar aktif (student-centred learning) yakni diskusi informasi, diskusi kelompok, presentasi tugas kelompok, dan tugas individu,. Penilaian menggunakan observasi (kinerja), portofolio, dan sumatif.

 

Pokok bahasan dalam mata kuliah ini terdiri dari:

1.      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

2.      Kurikulum 2013

3.      Standar Isi dan Silabus

4.    Materi Sains Kimia di SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK 

Kuliah Microteaching adalah mata kuliah wajib di Program Studi Pendidikan Kimia dengan jumlah SKS yakni 2 SKS. Adapun keterampilan yang akan dipelajari dan dipraktekkan adalah:

  1. Membuka, menutup, dan menjelaskan
  2. Bertanya dasar, bertanya lanjut, dan reinforcement
  3. Variasi
  4. Mengelola kelas, memimpin diskusi kelompok, mengajar kelompok kecil dan perorangan

Course Komputer I ini digunakan untuk menunjang pembelajaran Komputer I, diantaranya:

1. Tempat resources materi kuliah

2. Upload Assignment

3. Diskusi (Forum)

dsb.

Komprehensif


Kompetensi mahasiswa yang akan dibangun dalam mata pelajaran ini adalah kemampuan memilih dan merancang media yang relevan dengan proses pembelajaran dan kemampuan yang dih arapkan pada peserta didik. Isi mata kuliah ini mempelajari tentang teori media, memanfaatkan media seperti email dan blog untuk pembelajaran, serta memilih dan merancang media yang relevan untuk pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan berorientasi pada mahasiswa belajar aktif (student-centred learning) yakni diskusi informasi, diskusi kelompok, presentasi tugas kelompok, dan tugas individu. Penilaian menggunakan observasi (kinerja) dan proyek.


Termodinamika adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus di ambil oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia.

Mata kuliah Penentuan Struktur Molekul Organik  membahas tentang Spektroskopi infra merah untuk mengetahui gugus fungsi molekul, Spektroskopi masa untuk menganalisis framen molekul dan mengetahui masa molekul. Spektroskopi NMR proton dan karbon serta teknik DEPT, COSY, HMQC dan HMBC untuk mengetahui kedudukan atom hydrogen dan karbon, dan  lingkungannya dalam molekul. Metode pembelajaran yang dilakukan adalah; ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok dan presentasi.